Kamis, 28 Juni 2012

Kini, Unduh Aplikasi di Google Play Lebih Irit 'Bandwidth'

Google mengumumkan bahwa toko aplikasi dan media Google Play, akan ditambahkan banyak fitur dan layanan baru. Tak hanya menguntungkan bagi pengguna Android, pembaruan di Google Play juga akan menguntungkan untuk pengembang aplikasi Android.

Google Play kini dapat mengingatkan pengguna untuk melakukan update aplikasi secara cerdas. Cerdas yang dimaksud Google adalah, pengguna Android hanya mengunduh data baru yang telah diperbarui dalam sebuah aplikasi, bukan mengunduh aplikasi lagi secara penuh.

Dengan langkah ini, penggunaan konsumsi data internet atau bandwidth akan lebih irit.

Kemudian ada enkripsi aplikasi yang menambah sistem keamanan di Google Play.

Selain itu, Google Play menawarkan pengguna Android untuk membeli film maupun acara televisi. Ada pula penawaran untuk berlangganan majalah digital. Dalam bisnis ini, Google telah bekerjasama dengan Disney, ABC, NBC, Universal, Sony Pictures, Paramount. Untuk majalah digital, Google bekerjasama dengan Conde Nast dan Hearst.

Google mengatakan hingga saat ini ada 600 ribu aplikasi yang tersedia di Google Play dan tercatat ada 20 miliar aplikasi yang sudah ter-install di perangkat Android.

Untuk pengembang aplikasi

Toko aplikasi ini juga menambahkan Google Cloud Messaging, layanan yang ditujukan kepada para pengembang aplikasi (developer) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan mengurangi konsumsi data.

Google mengatakan, Cloud Messaging memungkinkan para developer menghubungi server secara langsung untuk memberi tahu bahwa ada data baru yang harus diambil dari server, misalnya data jumlah pengguna aplikasi.

Tidak ada komentar: