Rabu, 10 Oktober 2012

Perangkat lunak yang diperlukan untuk jaringan dan internet

1.    System Operasi
Sistem operasi merupakan bagian yang paling penting sebelum melakukan koneksi internet, karena tanpa OS komputer tidak ada artinya sama sekali.
Diantara Sistem Operasi (OS) yang dapat digunakan untuk akses internet adalah:
Ø Windows 95, win 98, win XP, Win Vista, Win 7, dan Win 8, Mac OS (ini adalah software yang berbayar).
Ø Ubuntu Linux, OpenSuSE, Mandriva, IGOS (ini merupakan software gratis atau Open Source yang dapat di download secara gratis).
2.    Web Browser
Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yang lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW).
Software Web Browser di antaranya:
Ø Mozilla Firefox
Dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
Ø Internet Exporer
Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.
Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.
Ø Safari
Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. Dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.
Ø Flock
Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0.
Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
Ø Opera
Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
Ø K-Meleon
K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah  Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.
Ø SeaMonkey
SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.

Ø    Camino
Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac.
Ø    Konqueror
Konqueror adalah web browser, file manager, dan lain-lain. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror:
FTP and SFTP/SSH browser, SAMBA (Microsoft file-sharing) browser, HTTP browser, IMAP mail client, ISO (cd image) viewer, VNC viewer.
Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga Unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.
Masih banyak web browser yang terdapat di internet, kembali kepada anda untuk  mengunakan browsing internet sehari-hari dan install Add-ons atau Widgetnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat berselancar.
3.       E-mail Client
E-mail client berfungsi untuk mengelola e-mail (electronic mail), diantara software e-mail client adalah:
·      Microsoft Out Look Express
·      Microsoft Office Out Look
·      Mozzila Thunderbird
·      Yahoo Mail
·      Google Mail
4.       Instant Messaging Client
Instant Messaging Client merupakan sarana berkomunikasi langsung atau mengobrol melalui keyboard, obrolan diketik lalu dikirim kelawan bicara. Ini dikenal dengan istilah Chatting. Diantara software untuk chatting adalah:
·      Yahoo messenger
·      mIRC
·      iChat
·      Pidgin,
·      Dan lain-lain
5.       Software Utility
Software Utility merupakan perangkat lunak untuk perlindungan komputer serta plug in pada komputer. Software Utility diantaranya:
·      Anti Virus         : AVG, Avira, Mc Afee, Norton Anti Virus,Kaspersky, Bit Defender.
·      Anti malware     : Comodo internet security, Panda Internet Security, Nis, Norman, Bit defender Internet security. ØSoftware  Office : M office 2003/2007.
Sofware tambahan :
·      Adobe Reader, Foxit reader
·      AVG Internet Security
·      Comodo Internet Security
Perusahaan Comodo Security Solutions, Inc yang berkedudukan di 525 Washington Blvd, Jersey City, NJ 07310 US.
Perusahaan ini, merupakan perusahaan yg cukup terkemuka dalam software security internet yang menggratiskan pruduknya, mempunyai fitur yang cukup lengkap.

6.       FTP Client
FTP Client adalah perangkat lunak yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP dan biasa digunakan untuk mengirim data (upload) dan menerima data (download). Beberapa contoh FTP Client yang terkenal adalah : FileZilla, EFTP, PowerTCP FTP, dll.

Tidak ada komentar: